Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif
July 11, 2024
Era Trianita Saputra, Catur Ragil Sutrisno, Betanika Nila Nirbita, Imanita Septian Rusdianti, Destin Alfianika Maharani + 11 more authors

Metrics

  • Eye Icon 14 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 14 views  //  0 downloads
Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif Image
Abstract

Digitalisasi membuat praktik kecurangan (fraud) diberbagai sektor akan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Praktik kecurangan yang terus mengalami perkembangan dengan berbagai modus operandi, tentulah harus diatasi dengan pendekatan yang sistematis. Pemanfaatan keilmuan Akuntansi Forensik menjadi salah satu pendekatan sistematis yang bisa mengungkap tabir gelap dari berbagai bentuk kecurangan di berbagai entitas. Praktik kecurangan (fraud) mulai dari praktik manipulasi laporan keuangan, korupsi, gratifikasi, suap dan masih banyak lagi bentuknya harus diantisipasi dengan pendekatan yang lebih modern. Akuntansi Forensik merupakan pendekatan yang lebih rasional dan berkembang dalam mendeteksi dan memberantas berbagai bentuk praktik kecurangan tersebut. Kemampuan dari Akuntansi Forensik membuat dekade terakhir kajian ini mendapat perhatian banyak pihak terutama dari Perguruan Tinggi yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk kurikulum. Dengan demikian, kedepan Akuntansi Forensik akan terus mengalami perkembangan menjadi satu rumpun keilmuaan yang paling banyak digunakan dalam urusan pencegahan dan pemberantasan praktik kecurangan.
Terlebih, penerapan Akuntansi Forensik harus bisa melibatkan berbagai disiplin ilmu agar bisa mengungkap tabir kecurangan dalam suatu entitas. Dengan demikian, berbagai permasalahan bentuk praktik kecurangan (fraud) yang timbul perlahan bisa diatasi dengan pendekatan Akuntansi Forensik. Oleh sebab itu, berbagai elaborasi atas praktik kecurangan (fraud) dan strategi pencegahan serta pemberantasan berbasis Akuntansi Forensik akan disajikan dalam buku ini secara komprehensif dengan para penulis yang ahli dan praktisi dalam bidangnya.
Buku ini dihadirkan sebagai bahan referensi bagi para praktisi, akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mendalami dan memahami Akuntansi Forensik. Buku ini juga mengelaborasi tentang konsep dan praktik dari kajian Akuntansi Forensik yang terus mengalami perkembangan sangat signifikan di Indonesia. Dengan terbitnya buku ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada para pembaca dan para praktisi Akuntansi Forensik untuk mengenal secara komprehensif tentang Akuntansi Forensik.
Sementara dalam buku ini terdiri dari beberapa bagian yang meliputi:
Bab 1. Pengantar Akuntansi Forensik
Bab 2. Perkembangan Akuntansi Forensik di Indonesia
Bab 3. Ruang Lingkup Akuntansi Forensik dan Audit Forensik
Bab 4. Akuntansi Forensik dan Strategi Pencegahan Fraud
Bab 5. Konsep dan Standar Akuntansi Forensik
Bab 6. Pencegahan dan Deteksi Fraud Berbasis Akuntansi Forensik
Bab 7. Strategi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Suap dalam Akuntansi Forensik
Bab 8. Perencanaan dan Teknik Audit Forensik
Bab 9. Konsep Audit Investigatif
Bab 10. Konsep Dasar Investigasi Fraud
Bab 11. Pengantar Komputer Forensik
Bab 12. Metode Investigatif Fraud Berbasis Digital
Bab 13. Wishtleblower dalam akuntansi fraud
Bab 14. Teknik Wawancara dan Interogasi dalam Akuntansi Forensik
Bab 15. Pelaporan Audit Forensik dan Audit Investigatif
Bab 16. Penanganan Kasus dalam Konteks Akuntansi Forensik

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman
Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 14 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 14 views  //  0 downloads