Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian Untuk Mahasiswa D4/S1 Terapan
Апрель 29, 2023
I. Ketut Astawa, I. Nyoman Meirejeki, Putu Tika Virginiya

Metrics

  • Eye Icon 97 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 97 views  //  0 downloads
Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian Untuk Mahasiswa D4/S1 Terapan Image
Abstract

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan Kelompok Mata Kuliah Bidang Manajemen untuk mendukung keterampilan umum dan keterampilan khusus berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Ruang lingkupnya mencakup bahasan: Pentingnya penelitian, Kriteria metode ilmiah, Sikap dan syarat peneliti, Arti dan jenis-jenis penelitian, Langkah-langkah penelitian, Memilih dan merumuskan masalah penelitian, Studi pustaka, Hipotesis, Populasi dan sampel, Data dan skala pengukuran, Analisis data, Temuan penelitian dan Format Penulisan Proposal Penelitian.
Kegiatan penyajian laporan dan pengambilan keputusan strategis tidak akan terlepas dari hasil analisis data. Analisis data diperlukan pada saat adanya sebuah masalah untuk diselesaikan. Kegiatan mengidentifikasi masalah yang didukung oleh data yang benar dan terpercaya memerlukan sikap, pengetahuan dan keterampilan penelitian yang memadai. Pada hakekatnya, penelitian adalah sebuah proses investigasi ilmiah terhadap sebuah masalah yang dilakukan secara terorganisir, sistematik, berdasarkan pada data yang terpercaya, bersifat kritikal dan obyektif yang mempunyai tujuan untuk menemukan jawaban atau pemecahan atas satu atau beberapa masalah yang diteliti. Proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dan secara online, aktivitas, penugasan, dan presentasi. Lingkup penilaian meliputi: 1) kelompok: pada saat diskusi dan tugas; 2) Mandiri: tugas; 3) Skala Penilaian disesuaikan tergantung materi pokok dan jenis penilaian.
Mata Kuliah Metodologi Penelitian ini diharapkan dapat membantu memperbaiki mutu penulisan skripsi. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki sikap profesional, menguasai pengetahuan metode penelitian yang cukup dan mampu menerapkannya pada bidang pekerjaan perhotelan. Selain itu, untuk kegiatan akademik, mahasiswa diharapkan dapat menyusun proposal penelitian dan melakukan penelitian khususnya untuk menyusun skripsi. Selanjutnya, mahasiswa diharapkan mampu mempublikasikan hasil penelitian yang memenuhi syarat tata tulis ilmiah dan dapat diakses oleh masyarakat akademik.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Mengenal Lebih Dekat EKONOMI SYARIAH
Mengenal Lebih Dekat EKONOMI SYARIAH Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 97 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 97 views  //  0 downloads