Alopecia : Memahami Rambut Rontok pada Anak dan Remaja
Июнь 5, 2023
Arif Rohman Mansur, Marmi Marmi

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Alopecia : Memahami Rambut Rontok pada Anak dan Remaja Image
Abstract

Kejadian rontoknya rambut pada banyak orang dewasa telah diprediksi seiring bertambahnya usia, tetapi apabila kerontokan rambut terjadi pada anak-anak dan remaja dapat menimbulkan kekhawatiran hingga masalah psikologi tidak hanya pada mereka namun juga bagi orang tuanya. Tidak sedikit remaja merasa kesal akibat petak atau kebotakan dan jumlah rambutnya yang terlihat tipis. Namun, sebenarnya kerontokan rambut pada anak-anak dan remaja relatif umum terjadi.
Rambut rontok pada anak-anak dan remaja mungkin memiliki pola yang berbeda dari pola rambut rontok milik orang dewasa. Misalnya, androgenetic alopecia, atau alopecia berpola, adalah penyebab paling umum kerontokan rambut pada orang dewasa. Pada anak-anak, penyebab umum kerontokan rambut termasuk infeksi jamur atau bakteri, telogen effluvium (rambut rontok akibat stres), dan alopecia traksi. Namun, penyebab paling umum dari kerontokan rambut pada anak-anak adalah kurap kulit kepala, merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur yang sebenarnya dapat diobati. Dokter dapat mengobati sebagian besar penyebab kerontokan rambut dan seringkali dapat mengembalikan pertumbuhan rambut, meskipun sebagian dapat menyebabkan kebotakan permanen.
Dalam buku ini, kami ingin membahas seputar tipe dan penyebab kerontokan rambut pada anak, serta gejala dan pengobatan yang perlu diketahui oleh orang tua maupun tenaga kesehatan khususnya agar bisa mengambil langkah yang tepat. Baik kiranya apabila Anda memiliki buku ini. Tidak masalah, apakah Anda adalah orang tua atau calon orang tua, terlebih lagi apabila Anda adalah praktisi kesehatan, sebagai mahasiswa calon dokter, calon, perawat, calon bidan dan lainnya. Akhirnya, semoga buku ini dapat mendatangkan keberkahan bagi penulis dan Anda semua. Aamiin.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Monograf Hubungan Faktor Internal Pekerja dengan Kelelahan Kerja
Monograf Hubungan Faktor Internal Pekerja dengan Kelelahan Kerja Image
Memaknai Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility
Memaknai Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads