Penguatan Karakter Aparatur Sipil Negara Sebagai Tulang Punggung Roda Pemerintahan
Июль 3, 2023
Fajar Gumilang Kosasih, Mohamad Rizan, Agung Wahyu Handaru

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Penguatan Karakter Aparatur Sipil Negara Sebagai Tulang Punggung Roda Pemerintahan Image
Abstract

Dalam lanskap kontemporer yang dinamis dari praksis tata kelola, "Penguatan Karakter Aparatur Sipil Negara Sebagai Tulang Punggung Roda Pemerintahan" berdiri sebagai sebuah opus magnum yang memetakan fenomenologi ontologis dari entitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkaran hermeneutika pemerintahan. Penulis, dengan pandangan keilmuan yang luhur, merajut telaah epistemologis mengenai bagaimana karakter ASN dapat diinvigorasi dan dihomonisasi agar berperan sebagai substratum esensial dalam mekanisme roda pemerintahan.
Buku ini menguraikan secara filosofis esensi ASN sebagai subjek yang bukan sekedar eksistensi birokratis, melainkan entitas yang memperlihatkan kapasitas etis, intelektual, dan emosional. Bagian awal eksplorasi buku ini berfokus pada paradigma historis dan sosial-kritis yang menguak keberadaan ASN dalam tapestri zaman. Dengan memanfaatkan metode analisis diakronis dan sinkronis, penulis menyoroti dinamika evolusi karakter ASN dalam relasi dengan perubahan kontekstual dalam struktur pemerintahan.
Melangkah ke bagian berikutnya, buku ini mengkaji kausalitas antara kualitas karakter ASN dan efikasi pemerintahan. Berlandaskan prinsip-prinsip axiologis, buku ini menelaah konsep-konsep moral dan etika yang menjadi fondasi dalam pembentukan karakter ASN yang kokoh. Penulis berargumen bahwa integritas, dedikasi, dan keadilan merupakan atribut intrinsik yang harus dipelihara dan dikultivasi dalam psyche ASN.
Tidak ketinggalan, buku ini juga mempertimbangkan interaksi antara ASN dan masyarakat. Dengan pendekatan fenomenologis, buku ini memetakan bagaimana ASN dapat bertransformasi menjadi entitas relasional yang tidak hanya menyatu dengan, tetapi juga merespons dan mengarahkan kehendak kolektif.
Bagian klimaks dari buku ini merangkum implikasi dari penguatan karakter ASN terhadap pembangunan holistik bangsa. Melalui lensa teleologis, buku ini menyoroti bagaimana penguatan karakter ASN mendukung realisasi cita-cita kesejahteraan, keadilan, dan partisipasi yang inklusif dalam masyarakat.
"Penguatan Karakter Aparatur Sipil Negara Sebagai Tulang Punggung Roda Pemerintahan" adalah sebuah mahakarya yang menawarkan wawasan mendalam dan refleksi kritis tentang peran dan makna ASN dalam dinamika tata kelola negara. Karya ini tidak hanya penting bagi para akademisi dan praktisi, tetapi juga bagi siapa saja yang berkeinginan untuk memahami dan berkontribusi terhadap pencerahan dan kemajuan peradaban bangsa.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Penyelesaian Pembayaran Perdagangan Luar Negeri
Penyelesaian Pembayaran Perdagangan Luar Negeri Image
E-commerce
E\u002Dcommerce Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads