Pemodelan Penyakit pada Hewan Coba: Tantangan dalam Penemuan dan Pengembangan Obat, serta Penelitian Translasi sebagai Penguatan Ketahanan Bidang Kesehatan
Январь 27, 2024
Fadlina Chany Saputri, Meidi Utami Puteri, Donna Maretta Ariestanti

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pemodelan Penyakit pada Hewan Coba: Tantangan dalam Penemuan dan Pengembangan Obat, serta Penelitian Translasi sebagai Penguatan Ketahanan Bidang Kesehatan Image
Abstract

Buku berjudul "Pemodelan Penyakit Pada Hewan Coba: Tantangan Dalam Penemuan dan Pengembangan Obat, serta Penelitian Translasi Sebagai Penguatan Ketahanan Bidang Kesehatan berisi penjelasan tentang pemanfaatan hewan model dalam studi penemuan dan pengembangan obat serta penelitian translasi yang sangat diperlukan untuk menjawab tantangan-tantangan masalah kesehatan dalam skala nasional dan juga global.
Catatan sejarah peradaban manusia telah mencerminkan bagaimana penelitian dasar kesehatan, terutama yang melibatkan pemodelan hewan coba, memberikan kontribusi besar dalam menghadapi tantangan kesehatan. Pada skala global, contoh peristiwa yang paling dekat adalah percepatan penemuan dan pengembangan obat dan vaksin COVID-19 yang secara nyata telah membantu masyarakat di seluruh dunia. Namun pada praktiknya, para peneliti terutama bagi para peneliti di Indonesia masih mengalami berbagai tantangan untuk dapat melakukan penelitian dalam penemuan dan pengembangan obat baru yang melibatkan pembentukan hewan model. Salah satunya adalah isu kebijakan, regulasi, dan juga bantuan dana serta ketersediaan sarana dan pra sarana yang dapat mendukung.
Buku ini mencoba untuk secara komprehensif memaparkan pentingnya pembentukan hewan model yang valid sebagai langkah strategis dalam meningkatkan ketahanan di bidang kesehatan yang diharapkan dapat menjadi perhatian khusus bagi para pemangku kebijakan dan kepentingan di setiap negara, khususnya di Indonesia. Dengan membaca buku ini, diharapkan para pembaca juga akan mendapatkan pemahaman dan pandangan baru mengenai signifikansi pemodelan hewan coba dalam penelitian sebagai langkah strategis untuk meningkatkan ketahanan di bidang Kesehatan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Manajemen Laba Perbankan
Manajemen Laba Perbankan Image
Stunting
Stunting Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads