Manfaat Terapi Air Rebusan Daun Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus) pada Lansia Dengan Asam Urat di Dalam Keluarga
Июнь 15, 2024
Randy Refnandes, Putri Prihandini

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Manfaat Terapi Air Rebusan Daun Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus) pada Lansia Dengan Asam Urat di Dalam Keluarga Image
Abstract

Penuaan merupakan proses alamiah yang akan dialami setiap individu usia lanjut (lansia) yang menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang paling banyak dialami lansia adalah penyakit tidak menular dimana salah satunya adalah penyakit asam urat (Gout). Gout termasuk penyakit yang tidak dapat disembuhkan sehingga jika tidak dikendalikan penyakit ini dapat berkembang menjadi arthritis yang melumpuhkan. Lansia dengan asam urat dalam melakukan aktivitas hanya boleh melakukan aktivitas ringan. Oleh karena itu, diperlukan tindakan yang dapat dilaksanakan oleh lansia di rumah dan dipantau oleh keluarga.
Peran dan fungsi perawat dalam pelayanan keperawatan keluarga menurut Depkes (2010) adalah sebagai pendidik kesehatan, pemberi pelayanan, advokat keluarga, penemu kasus, peneliti, manajer dan koordinator, fasilitator, konselor dan pengubah atau pemodifikasi lingkungan. Perawat melaksanakan asuhan keperawatan secara komprehensif dalam penguraian yaitu melakukan pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, melakukan tindakan keperawatan, melaksanakan tindakan keperawatan kepada keluarga, mengevaluasi kemampuan pasien dan keluarga, mendokumentasikan hasil asuhan keperawatan. Pelaksanaan asuhan keperawatan komprehensif terhadap lansia dengan asam urat dalam buku ini dibahas melalui pemberian terapi air rebusan daun kumis kucing (orthosipon aristatus) di dalam keluarga.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Tourism Business Planning and Development
Tourism Business Planning and Development Image
Metodologi Riset Kesehatan
Metodologi Riset Kesehatan Image
Survei Konsumsi Gizi
Survei Konsumsi Gizi Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads