Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong-Royong untuk Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah
Aralık 24, 2021
Muhammad Azka Maulana, Fattah Hanurawan, Diah Karmiyati

Metrics

  • Eye Icon 51 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 51 views  //  0 downloads
Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong\u002DRoyong untuk Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah Image
Abstract

Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong-Royong untuk Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah ini mengintegrasikan tujuh tinjauan teori, yakni (1) tinjauan teori gotong-royong dari Bowen (1986), (2) tinjauan teori gotong-royong dari Koentjoroningrat (1997), (3) tinjauan nilai-nilai pemahaman akan perbedaan (Hanurawan, 2016), (4) tinjauan nilai-nilai dukungan sosial masyarakat jawa (Karmiyati, 2017), (5) tinjauan teori efikasi diri Bandura (1977), (6) tinjauan layanan interaksi sosial (Marigold, 2014) dan prinsip-prinsip terapi psikologis (Rappoport, 1977). Ketujuh tinjauan tersebut penulis integrasikan sehingga menjadi 8 sesi terapi.
Terapi gotong-royong merupakan terapi yang dikembangkan penulis berdasarkan nilai-nilai indigenous atau kearifan lokal masyarakat Indonesia. Nilai-nilai kearifan lokal dalam gotong-royong tersebut diintegrasikan dengan prinsip-prinsip terapi psikologis itu sendiri. Gotong-royong sebagai semangat bermasyarakat yang sudah ada sejak Indonesia merdeka. Semangat gotong-royong sudah digaungkan oleh presiden Republik Indonesia pertama, yakni Ir. H. Soekarno sebagai upaya menyatukan perbedaan bangsa Indonesia sehingga tidak ada driskiminasi atau penjajahan dikemudian hari.
Semangat gotong-royong bangsa Indonesia ini harus senantiasa dihidupkan khususnya pada generasi muda. Tingginya tingkat bullying di kalangan pelajar Indonesia adalah bukti bahwa generasi muda kita telah meninggalkan tradisi gotong-royong. Untuk itu, dalam manual panduan ini berisi strategi-strategi dalam memecahkan permasalahan bullying di sekolah melalui terapi kelompok gotong-royong.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Produksi Sediaan Solid dan Semisolid
Produksi Sediaan Solid dan Semisolid Image
Bisnis Internasional di Era Digital
Bisnis Internasional di Era Digital Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 51 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 51 views  //  0 downloads