Memaknai Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility
Haziran 24, 2022
Eureka Media Aksara

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Memaknai Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility Image
Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Coorporate Social Responsibility (CSR) terhadap pemangku kepentingan merupakan isu yang sudah lama ada dalam perkembangan hukum perusahaan. Sebenarnya, kegiatan CSR lebih terfokus pada bagaimana perusahaan menjalankan bisnis. Di negara-negara Barat yang industrinya sudah berkembang, kegiatan CSR sebagian besar difokuskan pada unsur-unsur perilaku yang bertanggung jawab dalam perekonomian, sehingga CSR lebih berorientasi pada aspek etika. Di Indonesia, sebagian besar CSR masih tentang membangun kapasitas masyarakat.
Tanggungjawab sosial perusahaan adalah tindakan sukarela yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam menjalankan misinya dan memenuhi kewajibannya kepada pemangku kepentingan, termasuk karyawan, komunitas, lingkungan, dan masyarakat secara keseluruhan.
Di Indonesia, CSR telah diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan, seperti dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, dan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Selain berupa Undang-Undang (untuk selanjutnya disingkat UU), juga diatur dalam Peraturan Pemerintah (untuk selanjutnya disingkat PP), yaitu PP No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara dan PP No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Diatur pula dalam beberapa Peraturan Menteri, yaitu Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan dan Peraturan Menteri Sosial RI No. 13 Tahun 2012 tentang Forum Tanggung Jawab Sosial Dunia Usaha Dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
Buku ini dirasa penting bagi seluruh kalangan, baik untuk akademisi maupun praktisi. Bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Coorporate Social Responsibility & Community Development kami dedikasikan buku ini untuk Mahasiswa Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sebagai bahan ajar utama. Buku ini dapat memberikan pencerahan terkait mata kuliah Coorporate Social Responsibility & Community Development yang hingga saat ini banyak sumber referensi, namun dirasa masih diperlukan lagi materi bacaan yang lebih komprehensif memuat cakupan materi perkuliahan pada matakuliah Coorporate Social Responsibility & Community Development.

More from this repository
Teori Akuntansi
Teori Akuntansi Image
Mengenal Lebih Dekat Delima: Buah Surga Kaya Manfaat
Mengenal Lebih Dekat Delima: Buah Surga Kaya Manfaat Image
Character Building For Professional : Karakter Penunjang Kesuksesan Profesional
Character Building For Professional : Karakter Penunjang Kesuksesan Profesional Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads