Buku Ajar “Kesehatan Reproduksi Remaja”
Ekim 7, 2022
Nuzliati T. Djama, Nurdiana Lante, Istiana Asrari Bansu

Metrics

  • Eye Icon 24 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 24 views  //  0 downloads
Buku Ajar “Kesehatan Reproduksi Remaja” Image
Abstract

Kesehatan reproduksi tidak hanya berarti terbebas dari penyakit atau gangguan selama proses reproduksi, tetapi kondisi ketika proses reproduksi tercapai dalam situasi kesehatan fisik, mental, dan sosial yang sempurna. meliputi seluruh proses, dan sistem reproduksi pada tahapan kehidupan manusia secara lebih khusus pada masa peralihan ke remaja, studi kesehatan reproduksi mempelajari bagaimana individu dapat terbebas dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh proses atau bekerjanya fungsi dan sistem reproduksi.
Buku ini merupakan sintesa dari berbagai referensi dan hasil studi penulis. Isi buku membahas tentang Ruang lingkup dan kesehatan reproduksi, fisiologi organ reproduksi, tumbuh kembang remaja, kebutuhan gizi tumbuh kembang untuk remaja, risiko tinggi melahirkan di usia remaja, IMS atau ISR, HIV/AIDS, Napza, kekerasan seksual, gender, dan PKHS. Maksud penyusunan buku ini tidak lain agar remaja memiliki akses informasi tentang Kesehatan reproduksi sebagai upaya peningkatan Kesehatan remaja secara optimal.
Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Artinya secara fisik remaja telah dapat bereproduksi, namun secara psikologis, sosial, dan ekonomi mereka belum siap memiliki anak dan membangun keluarga. Karena itulah, pentingnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi bagi mereka. Remaja yang lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi berpotensi lebih kecil mengalami kehamilan di usia dini. Seperti kita ketahui, hamil di usia remaja berisiko melahirkan bayi prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR) yang berkaitan erat dengan risiko stunting. Selain itu masa remaja adalah waktu terbaik untuk membangun kebiasaan baik terutama dalam menjaga kebersihan organ reproduki yang menjadi aset sangat penting dalam jangka panjang.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Statistik Pendidikan
Statistik Pendidikan Image
Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Patient Safety
Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Patient Safety Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 24 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 24 views  //  0 downloads