Buku Ajar Perilaku Organisasi
Ekim 11, 2020
Hastuti Mulang

Metrics

  • Eye Icon 26 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 26 views  //  0 downloads
Buku Ajar Perilaku Organisasi Image
Abstract

Manusia merupakan individu yang memegang peranan penting dalam suatu organisasi. Perilaku organisasi hakikatnya adalah hasil-hasil integrasi antara individu-individu dalam organisasinya. Menurut Thoha perilaku manusia adalah suatu fungsi interaksi antara individu dengan lingkungannya. Perilaku organisasi merupakan suatu studi yang sangat menarik, karena di dalamnya mengkaji bagaimana individu, kelompok saling memengaruhi dalam suatu organisasi atau kelompok dalam suatu perusahaan.
Bagi karyawan baru di suatu perusahaan, selain harus mempelajari teknis pekerjaanya, juga harus memahami bagaimana interaksi baik antar karyawan maupun karyawan dengan pimpinan, gaya kepemimpinan, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, kode etik dalam perusahaan, dan lain lain.
Perilaku dalam organisasi selalu dikaitkan dengan perilaku individu dan perilaku kelompok. Kinerja individu merupakan dasar dari kinerja kelompok atau organisasi. Sehingga pemahaman terhadap perilaku individu merupakan kunci utama dalam menggerakkan kelompok atau organisasi dalam mencapai tujuan. Semakin baik seseorang memahami perilaku unik dari anggota kelompoknya, maka semakin besar peluang seseorang untuk memperoleh sukses dalam menggerakkan kelompoknya ke arah tujuan.
Keragaman dalam organisasi (Diversity in Organization) merupakan suatu hal yang sangat penting saat ini. Keragaman dalam suatu organisasi mengacuh pada perbedaan, misalnya perbedaan suku, ras, agama, budaya dan gender.Dengan adanya keragaman, organisasi dapatmemperoleh berbagai pandangan, kemampuan, dan berbagai hal untuk mengatasipermasalahan organisasi atau perusahaan, dan dapat juga meningkatkan efektifitasperusahaan. (Richmond, 2021).
Pengelolaan keberagaman tidak akan terlepas dari peran pimpinan organisasi. Kunci keberhasilan pengelolaan keberagaman adalah komitmen dari level atas organisasi keragaman dalam organisasi dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi melalui penciptaan ide-ide baru dan pengembangan kepada tenaga kerja minoritas sehingga termotivasi. Organisasi harus mempunyai tujuan yang jelas dalam pengelolaan keberagaman sumber daya manusianya.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Khasiat Pembalut Ekstrak Daun Binahong untuk Ibu Nifas
Khasiat Pembalut Ekstrak Daun Binahong untuk Ibu Nifas Image
Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar
Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar Image
Etika Berbisnis dalam Pandangan Agama
Etika Berbisnis dalam Pandangan Agama Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 26 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 26 views  //  0 downloads