Jalan Menuju Kualitas yang Lebih Baik: Pengenalan Infrastruktur Kualitas dan Reformasi
Şubat 13, 2024
Septa Hamid

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Jalan Menuju Kualitas yang Lebih Baik: Pengenalan Infrastruktur Kualitas dan Reformasi Image
Abstract

Buku ini membuka pintu menuju pemahaman mendalam tentang infrastruktur kualitas dan pentingnya reformasi untuk mencapai standar yang lebih baik. Buku ini mengajak pembaca melalui serangkaian bab yang merinci konsep dasar infrastruktur kualitas dan langkah-langkah reformasi yang diperlukan.
Bab pertama membahas dasar-dasar infrastruktur kualitas, termasuk sejarahnya, arsitektur/ekosistem yang melibatkan komponen utama, dan peran infrastruktur kualitas dalam ekonomi global. Pembaca akan dihadapkan pada isu-isu utama dalam infrastruktur kualitas modern, termasuk perkembangan pasar industri TIC (Testing, Inspection & Certification) di tingkat global dan nasional.
Reformasi infrastruktur kualitas menjadi fokus utama dalam bab kedua. Pembaca diajak untuk memahami perkembangan terkini dalam infrastruktur kualitas, alasan mengapa negara perlu mengembangkan infrastruktur kualitas yang kompeten, serta proses reformasi yang diperlukan. Studi kasus tentang keberhasilan reformasi infrastruktur kualitas di beberapa negara memberikan wawasan yang berharga.
Bab ketiga membahas standar dan norma, menjelaskan definisi dan jenis standar, serta peran standar dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Pembaca akan memahami pengaruh standar internasional, regional, dan nasional, serta praktik standarisasi yang baik untuk mencapai mutu.
Metrologi menjadi fokus bab keempat, membahas sejarah, lingkup, dan dampak metrologi dalam berbagai konteks, termasuk ilmiah, legal, dan industri. Bab kelima membahas akreditasi, membuka wawasan tentang definisi, ruang lingkup, dan standar internasional akreditasi, serta peran regulator dalam proses ini.
Bab keenam membahas penilaian kesesuaian, melibatkan pembaca dalam spektrum penilaian kesesuaian, framework, prinsip, dan elemen-elemen penilaian kesesuaian. Bab-bab selanjutnya mengulas regulasi teknis, infrastruktur kualitas sebagai sistem PPP yang fleksibel, dan memberikan kesimpulan yang menggambarkan peran infrastruktur kualitas dalam pembangunan berkelanjutan.
Buku ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam, tetapi juga memberikan gambaran praktis dengan studi kasus dan panduan implementasi. Daftar pustaka yang lengkap dan informasi tentang penulis membuat buku ini menjadi referensi yang berharga bagi pembaca yang ingin menjelajahi lebih lanjut dunia infrastruktur kualitas.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Mikrobiologi dalam Riset
Mikrobiologi dalam Riset Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads