Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
Nisan 26, 2024
Turi Turi, Slamet Slamet

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Image
Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar agar sekolah/madrasah dengan adanya kurikulum akan mempermudah pelaksanaan dan pengimplementasian pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Lingkup kurikulum merupakan bagian integral dari kurikulun operasional satuan pendidikaan yang meliputi perencanaan, penggorganisasian, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaraan.
Kurikulum operasional di satuan pendidikan merupakan dokumen yang berisi prinsip dan contoh strategi untuk memandu satuan pendidikan mengembangkan kurikulum operasionalnya. Kurikulum operasional dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah.
Penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan berfokus kepada pemenuhan kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21 yang memuat ciri khas dan potensi lokal sekolah/madrasah disesuaikan kekhasan, kondisi dan pontensi daerah dengan menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam satuan pendidikan. Serta mengacu pada capaian pembelajaran yang telah disusun oleh pusat dan diterjemahkan dalam alur tujuan pembelajaran yang dikonkretkan dalam proses pembelajaran yang perusat pada peserta didik, kontektual, esensial, dan akuntabel.
Struktur Kurikulum yang disusun menjadi acuan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum menuju tercapainya profil pelajar Pancasila dapat ditambahkan dengan kekhasan satuan pendidikan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan berisi kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila, ekstrakurikuler, dan pembiasaan peserta didik.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads