Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar : Teori dan Implementasinya
Temmuz 4, 2024
Umalihayati Umalihayati, Moh Salimi, Encep Andriana, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Halimatus Sa’Diyah + 4 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Model\u002DModel Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar : Teori dan Implementasinya Image
Abstract

Buku ini menjadi panduan yang komprehensif bagi mahasiswa PGSD, guru SD, dan praktisi pendidikan dasar dalam memahami serta mengimplementasikan model-model pembelajaran inovatif di lingkungan sekolah dasar. Dengan mengkaji hakikat model pembelajaran, perbedaan antara model, teknik, metode, dan strategi pembelajaran, serta klasifikasi model pembelajaran, pembaca diperkenalkan pada dasar-dasar penting dalam proses pembelajaran.
Penekanan pada urgensi model pembelajaran inovatif di sekolah dasar menjadi poin utama dalam pembukaan bab. Bab-bab selanjutnya menyajikan rangkaian model-model pembelajaran inovatif beserta implementasinya, dengan tujuan untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih berarti dan efektif bagi siswa.
Bab pertama mengulas model pembelajaran berbasis masalah. Bab kedua menjelaskan rumpun family social models sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang menarik. Selanjutnya, pembaca diperkenalkan pada model pembelajaran kooperatif. Setiap model pembelajaran dibahas secara mendalam, termasuk prinsip-prinsip dasarnya, langkah-langkah implementasinya, serta contoh-contoh skenario pembelajaran yang dapat diadaptasi.
Bab penutup memberikan simpulan atas pembahasan yang telah disampaikan, sementara saran-saran praktis diberikan untuk membantu pembaca dalam mengintegrasikan model-model pembelajaran inovatif ke dalam praktik pembelajaran mereka. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi referensi teoritis, tetapi juga panduan praktis bagi para pembaca dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Ajar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
Buku Ajar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Image
Filsafat Pendidikan
Filsafat Pendidikan Image
Pedagogi Abad 21
Pedagogi Abad 21 Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads