Stimulasi dan Gizi sebagai Pencegahan Stunting
Грудень 21, 2023
Fitria Hayu Palupi, Siskana Dewi Rosita

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Stimulasi dan Gizi sebagai Pencegahan Stunting Image
Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi kronis dan kurangnya stimulasi pertumbuhan yang memadai pada usia dini. Pencegahan stunting melibatkan serangkaian langkah, di antaranya adalah stimulasi perkembangan dan asupan gizi yang cukup.
Stimulasi pertumbuhan pada masa awal kehidupan anak sangat krusial untuk perkembangan otak, kognisi, dan motorik. Orang tua dan pengasuh memiliki peran sentral dalam memberikan stimulasi melalui interaksi positif, permainan, dan kegiatan pembelajaran yang mendukung perkembangan anak. Stimulasi dengan menggunakan pijat tuina dan oromotorik dapat mengurangi permasalahan nafsu makan anak dan untuk memberikan stimulasi perkembangan anak yang dapat dilakukan oleh orangtua.
Nutrisi yang memadai, termasuk protein, zat besi, vitamin, dan mineral, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak. Melalui pendekatan holistik yang mencakup stimulasi pertumbuhan dan asupan gizi yang memadai, dapat diharapkan bahwa upaya pencegahan stunting akan menjadi lebih efektif Sinergi antara keluarga, masyarakat, dan penyedia layanan kesehatan sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal dalam mencegah stunting pada anak-anak.
Ucapan terimakasih kepada mahasiswa Program Studi Sarjana Gizi Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono yang telah menciptakan kreasi menu Makanan pendamping ASI untuk anak stunting.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Ajar Manajemen Operasional
Buku Ajar Manajemen Operasional Image
Buku Ajar Sejarah Asia Tenggara
Buku Ajar Sejarah Asia Tenggara Image
Etika Profesi Bimbingan dan Konseling
Etika Profesi Bimbingan dan Konseling Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads