Buku Pelajaran Prakarya untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1
Março 29, 2023
Dewi Sadiah

Metrics

  • Eye Icon 3 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 3 views  //  0 downloads
Buku Pelajaran Prakarya untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Image
Abstract

Apa itu Prakarya? Prakarya adalah Mata Pelajaran yang dipelajari pada jenjang SMP/MTs sebagai ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan dengan keterampilan dan sikap percaya diri peserta didik melalui produk yang dihasilkan secara individual maupun secara kelompok.
Mata Pelajaran Prakarya terdiri dari empat aspek yang harus dikembangkan yaitu : Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik khususnya kelas VII maka disusunlah kumpulan materi sebagai bahan ajar dalam bentuk buku pelajaran yang dikembangluaskan dari salah satu modul pembelajaran Prakarya Kelas VII semester 1 menjadi bahasan materi yang luas dan terinci lengkap untuk dipelajari peserta didik.
Pokok Bahasan dalam buku kelas VII SMP/MTs Semester 1 ini meliputi : Kerajinan Serat dan Kerajinan Tekstil, Rekayasa Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah, Budidaya Tanaman Sayuran dan Pengolahan Bahan Pangan Buah Segar Menjadi Makanan dan Minuman, serta Pengolahan Bahan Pangan Hasil Samping Buah Menjadi Produk Pangan.
Mata Pelajaran Prakarya masuk dalam konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia, yang merupakan penggantian istilah dari Mata Pelajaran Keterampilan pada kurikulum KTSP kemudian menmjadi Mata Pelajaran Prakarya di kurikulun 2013 dan akan diterapkan juga pada kurikulum merdeka sebagai mata pelajaran yang wajib untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan kompetensi sumber daya manusia sebagai peserta didik yang memiliki enam nilai karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila, yaitu : beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,berkebhinekaan global, bernalar kritis, bergotong royong, mandiri, dan kreatif (Kemdikbud ristek,2022).

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Buku Ajar : Dasar-Dasar Ilmu Politik
Buku Ajar : Dasar\u002DDasar Ilmu Politik Image
Starry Nights
Starry Nights Image
Konservasi Gigi
Konservasi Gigi Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 3 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 3 views  //  0 downloads