Penelitian Tindak Kelas untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru
Ocak 10, 2023
Andi Sulistio, Syaihul Muhlis, Lilik Ulfah Chasanah

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads
Penelitian Tindak Kelas untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Image
Abstract

Kenyataan menunjukkan, hambatan sebagian besar guru dalam memenuhi angka kreditnya diantaranya disebabkan oleh kesulitan menyusun karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian, pengkajian, pengujian, survey atau melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas sesuai bidang tugasnya yang pantas untuk dipublikasikan baik disimpan di perpustakaan atau dipublikasikan melalui media cetak dalam bentuk buku, artikel yang dimuat pada jurnal dan majalah ilmiah. Padahal, nilai angka kredit untuk publikasi tersebut tinggi, yakni mulai dari angka 2 sampai dengan 12 pada pangkat tertentu.
Saat ini masalah penulisan karya ilmiah sebagai sumber kohesti (penimbunan permasalahan). Kenyataan yang tampak memang demikian adanya, masih banyak tenaga fungsional guru terhambat kenaikan pangkatnya disebabkan ketidak mampunya mengumpulkan nilai angka kredit publikasi karya tulis ilmiah, walaupun nilai komponen lainnya sudah melebihi dari angka yang dipersyaratkan.
Menyikapi permasalahan tersebut di atas, maka solusinya adalah perlu menyusun buku yang sifatnya sederhana, mudah dipahami dan praktis, guna membantu para tenaga guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam menulis karya ilmiah. Buku Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru ini adalah buku yang kami siapkan untuk membantu para guru tersebut.
Bagaimanapun kemauan seseorang untuk menulis, jika dia tidak memahami seperti apa konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas, maka sulitlah baginya untuk wujudkan keinginan itu. Melalui buku sederhana dan praktis ini, penulis mencoba untuk membantu para guru untuk memahami tentang Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 5 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 5 views  //  0 downloads