Buku Ajar Pengantar Manajemen
Ocak 18, 2023
Encep Saefullah, Fatari Fatari, Arta Rusidarma Putra, Juhandi Juhandi, Wahyu Wiguna

Metrics

  • Eye Icon 123 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 123 views  //  0 downloads
Buku Ajar Pengantar Manajemen Image
Abstract

Buku Ajar Pengantar Manajemen ini berisi bab-bab yang disesuaikan dengan silabus Mata Kuliah Pengantar yakni mengenai beberapa pokok bahasan, dimulai dari Pertemuan pertama yang merupakan pertemuan pendahuluan yaitu kegiatan pengenalan, penyampaian kebijakan perkuliahan, silabus, RPS dan deskripsi mata kuliah. Pertemuan kedua akan diberikan materi tentang Definisi, Tujuan, Unsur Pokok, Proses/Fungsi dan Penggunaan Unsur-Unsur Manajemen Dalam Organisasi.
Pertemuan ketiga mengajak mahasiswa memahami Definisi, Proses Prinsip, Unsur, Fungsi, Proses, Pembagian dan Efektivitas Perencanaan. Definisi Organisasi, Definisi Pengorganisasian, Bentuk, Fungsi, Tujuan, Asas/Prinsip, Manfaat Pengorganisasian dan Struktur Organisasi dibahas pada pertemuan keempat. Setelahnya, pertemuan kelima akan dipaparkan Definisi, Tujuan dan Bentuk Pengarahan. Definisi, Tujuan, Jenis, Teori dan Faktor Motivasi dibahas pada pertemuan keenam. Pada pertemuan ketujuh menjelang UTS akan dijelaskan mengenai Definisi, Elemen-Elemen Proses, Langkah-Langkah Proses, Jenis, Fungsi, Karakteristik, Cara-Cara Pengendalian yang Baik dan Efektif dan Pengendalian Preventif. Pertemuan kedelapan adalah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS).
Pertemuan kesembilan atau setelah pelaksanaan UTS, perkuliahan membahas Definisi, Fungsi dan Peranan, Gaya, Indikator Gaya, Tipe dan Tugas-Tugas Kepemimpinan. Pertemuan kesepuluh membahas Definisi, Proses dan Aspek-Aspek, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi dan Gaya Pengambilan Keputusan. Selanjutnya, pertemuan kesebelas dibahas Definisi, Unsur-Unsur, Tujuan, Jenis, Sumber Wewenang, Pola Pendelegasian Wewenang, Manfaat dan Hambatan, Prinsip-Prinsip Pendelegasian Wewenang dan Delegasi Yang Efektif. Pertemuan keduabelas dibahas Definisi, Proses dan Tahapan, Faktor Yang Mempengaruhi, Hambatan, Saluran dan Peningkatan Efektivitas Komunikasi.
Berikutnya, pertemuan ketigabelas membahas Definisi Budaya, Definisi Etika, Unsur-Unsur Budaya, Hubungan Budaya Dengan Organisasi, Isu-Isu Yang Mempengaruhi Etika Dalam Berbudaya Di Organisasi, Faktor Penentu Budaya Yang Beretika, Perilaku dan Etika Individu Dalam Organisasi.
Di pertemuan keempatbelas membahas tentang Definisi Konflik dan Manajemen Konflik, Penyebab dan Unsur-Unsur Konflik, Aspek-Aspek Gaya Manajemen Konflik, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Konflik, Dampak Konflik Dalam Organisasi dan Strategi Dalam Manajemen Konflik. Terakhir, pertemuan kelimabelas adalah review materi, kuis dan penyampaian kisi-kisi UAS. Pada pertemuan keenambelas adalah pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS).

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 123 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 123 views  //  0 downloads