Pemanfaatan Musa Paradiciaca (Pisang Kepok) untuk Penurunan Frekuensi Buang Air Besar dalam Asuhan Keperawatan pada Anak Diare
Ağustos 24, 2023
Deswita Deswita, Rahmi Muthia, Miftahul Khairina Hidayat

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Pemanfaatan Musa Paradiciaca (Pisang Kepok) untuk Penurunan Frekuensi Buang Air Besar dalam Asuhan Keperawatan pada Anak Diare Image
Abstract

Anak-anak lebih rentan menderita diare dibanding usia dewasa, hal ini disebabkan oleh faktor daya tahan tubuh anak-anak yang masih rendah. Risiko kekurangan cairan tubuh anak yang besar dan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan sendiri secara bebas atau mandiri. Sehingga tak jarang anak yang menderita diare akut dapat mengalami dehidrasi berat jika tidak ditangani dengan tepat.
Pemberian obat anti diare pada anak memiliki dampak menghambat gerakan peristaltic usus sehingga kotoran yang seharusnya dikeluarkan akan dihabat keluar, antidiare juga dapat menyebabkan komplikasi seperti prolapses pada usus.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi diare dengan mengkonsumsi bahan-bahan nonfarmakologis seperti mengkonsumsi lebih banyak air putih, rebusan air daun jambu biji, yoghurt atau keju, jahe, dan sup wortel. Selain itu, tanaman obat yang dapat digunakan adalah Musa Paradisiaca (Pisang Kepok).

Buah ini digunakan secara tradisional untuk mengatasi diare, disentri, lesi, DM, uremia dan hipertensi. Musa Paradisiaca (pisang kepok) mengandung berbagai macam nutrien yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Pisang juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A , B , C , D , E. Kandungan pektin yang terdapat pada pisang mempunyai fungsi untuk menormalkan pergerakan usus. Selain itu pisang kepok hijau juga mengandung pektin yaitu serat larut dalam air yang membantu memadatkan feses sehinga mampu mengurangi frekuensi buang air besar ketika diare.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Konspirasi Elit Dibalik Pemekaran Daerah
Konspirasi Elit Dibalik Pemekaran Daerah Image
Microcontroller Project : Sistem Kendali pada Tanaman Hidroponik dan Sistem Pemberi Minum Lalat BSF
Microcontroller Project : Sistem Kendali pada Tanaman Hidroponik dan Sistem Pemberi Minum Lalat BSF Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads