Tahap Perkembangan Anak & Stimulasi Perkembangan pada Anak yang Perlu Diketahui Ibu yang Mempunyai Anak Usia Prasekolah
Ağustos 24, 2023
Deswita Deswita, Lili Fajria, Fitridilla Fitridilla

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Tahap Perkembangan Anak \u0026 Stimulasi Perkembangan pada Anak yang Perlu Diketahui Ibu yang Mempunyai Anak Usia Prasekolah Image
Abstract

Akhir-akhir ini, data menunjukkan lebih dari sepertiga balita di negara-negara berkembang mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sesuai dengan usianya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kemiskinan, gizi buruk dan lingkungan yang tidak responsif dalam menstimulasi proses perkembangan anak . Selain itu, penelitian terkait faktor-faktor penyebab keterlambatan perkembangan pada anak menunjukkan sekitar 80% penyebab keterlambatan perkembangan anak adalah karena kurangnya stimulasi pada perkembangan anak sesuai usianya.
Stimulasi perkembangan adalah kegiatan merangsang kemampuan dasar anak umur 0-6 tahun agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Stimulasi tumbuh kembang anak dilakukan oleh ibu dan ayahyang merupakan orang terdekat dengan anak, pengganti ibu/pengasuh anak, anggota keluarga lain dan kelompok masyarakat di lingkungan rumah. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan mental .
Ibu yang merupakan orang pertama dan selalu melakukan interaksi dan memberikan stimulasi salah satu yang merupakan salah satu faktor yang berperan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Orang tua merupakan salah satu hal terpenting dalam proses pendeteksian dini terhadap tumbuh kembang anak.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Cara Mudah Membangun Aplikasi Pemetaan Lokasi Kedai Kopi Berbasis Web
Cara Mudah Membangun Aplikasi Pemetaan Lokasi Kedai Kopi Berbasis Web Image
Manajemen (Teori & Aplikasi)
Manajemen (Teori \u0026 Aplikasi) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads